Wednesday, November 9, 2016

Melbourne, Destinasi Impian Liburan Musim Panas


 sumber gambar disini


Saat kuliah S1 di Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dulu, aku sempat ambil mata kuliah Regenerasi Kota yang diampu oleh Bapak Sani Roychansyah. Beliau memang memiliki ketertarikan dan keahlian  terhadap isu-isu modern perkotaan seperti tentang regenerasi. 

Kuliah pilihan dengan bobot 2 SKS ini ternyata punya tugas besar yaitu makalah tentang sebuah kota yang mengalami proses regenerasi dari kondisi yang tidak produktif menjadi kota yang lebih produktif dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan fisik.

Sebagian teman kebetulan sudah memilih kota pilihan mereka dengan tema yang menarik. Sedangkan aku masih berkutat untuk memilih kota mana yang ingin aku jadikan monumen akhir semester kelak. Setelah mengalami proses studi literatur dan proses berpikir sampe ngumpulin temanya telat, akhirnya aku menemukan sebuah kota yang juga keren banget dalam proses regenerasinya. Yak, aku memilih sebuah kota di Benua Australia yang merupakan ibukota dari negara bagian Victoria, Melbourne. 

Melbourne ada di bagian selatan benua Australia
 sumber gambar asli disini
Melbourne sejatinya merupakan kota pelabuhan yang yang dulunya sempat hidup menjadi kota pelabuhan yang terkenal di selatan Australia  kemudian menjadi kota mati karena urbanisasi dan kerusakan kota akibat arus urbanisasi tersebut dan kemudian dihidupkan kembali sampai seperti saat ini menjadi kota pelabuhan modern dan sangat menawan. 

Kota modern yang humanis, sepakat?
sumber gambar disini

Bahkan di tahun 2016 ini Melbourne dinobatkan menjadi kota paling layak huni di dunia mengalahkan 140 kota lain di dunia. Data ini didapatkan dari Global Liveability Index yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit’s (EIU). 

Leganya, sungai bersih yang bisa berdampingan dengan gedung-gedung tinggi
sumber gambar disini

Melbourne juga pernah menjadi tuan rumah berbagi acara olahraga utama dunia seperti Australia Terbuka, Piala Melbourne, dan Grand Prix Australia. Hal ini karena Melbourne adalah satu-satunya kota di dunia yang memiliki lima arena olahraga berstandar internasional. Wah, hebat ya! 
 
Lapangan Cricket di Melbourne begini megahnya
sumber gambar disini

Belajar mengenal Melbourne membuat aku jadi semakin ketagihan untuk kepo terus tentang segala sesuatu didalamnya yaitu spot-spot wisata penting yang ada di kota tersebut, terutama untuk menghabiskan liburan musim panas

Berikut beberapa tempat wisata penting untuk menghabiskan libur musim panas di Australia terutama di kota Melbourne:

1. Queen Victoria Market
Queen Victoria Market merupakan salah satu pasar di Melbourne yang menjual beragam kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Kenapa kok pasar masuk objek wisata penting saat wisata ke Australia? Yap, karena dengan mampir ke pasar, kita secara tidak langsung bisa belajar budaya, cara hidup dan kehidupan sosial masyarakatnya. 

Gambar yang ada di gerbang pintu Queen Victoria Market
sumber gambar disini



Suasana di dalam pasar, siapa tau nemu barang lucu ya

sumber gambar disini


2. Williamstown
Williamstown merupakan sebuah yang berada di 15 km di pinggir Melbourne. Kota ini dulunya merupakan kota pelabuhan pertama di Melbourne. Tidak heran jika Williamstown memiliki jejak-jejak sejarah yang masih bisa dinikmati pada saat ini. 

Ada beberapa tempat menarik di Williamstown selain daerah Nelson Place seperti Time Ball Tower (mercusuar kuno),  Williamstown Botanic Garden, Williamstown beach dan Williamstown Historical Society Museum.

Yak, Williamstown tidak akan lupa masuk dalam list must visit saat ke Melbourne di musim panas.

Saat senja bisa jadi spot foto yang cocok dan instagramable, ya?
sumber gambar disini

3. Yarra River
Yarra River merupakan salah satu sungai yang membelah Melbourne. Bagi wisatawan yang ingin mengarungi sepanjang sungai, bisa menggunakan akses/transportasi berupa kapal. Atau kalo hanya menikmati suasana saja, tersedia juga tempat duduk di sekitar sungai tersebut. 

Yok dipilih, naik perahu atau jalan kaki di sekitar sungai juga ok!
Sumber gambar disini

4. Penguin Parade
Siapa yang tidak gemas dengan binatang yang tingginya setinggi botol minuman, punya sayap tapi tidak bisa terbang dan sering kita lihat hidup di Kutub? Yap, Penguin. Untuk bisa melihat penguin secara dekat, bisa datang ke Penguin Parade di Philip Island. Tetapi, saat berinteraksi dilarang untuk mengambil foto 17 spesies penguin yang ada. 
Selamat bergabung dengan penguin-penguin
Sumber gambar disini
5. Great Ocean Road and 12 Apostles
Liburan musim panas di Australia memang sangat cocok dihabiskan di pantai. Salah satu pantai yang menawarkan pemandangan yang bikin mata tak mau berkedip adalah 12 Apostles yang berada di Great Ocean Road. 12 Apostles adalah batu-batu yang beridiri di Samudera Hindia yang terbentuk  akibat dari erosi secara teratur antara asin-nya air laut dan batu kapur yang telah terjadi sejak 10 sampai 20 tahun yang lalu. Kalo tidak salah, spot ini merupakan salah satu objek wisata terbaik di Melbourne. 

Deretan batu yang berdiri tegak menambah keeksotisan pantai
sumber gambar disini

Selain ke lima destinasi yang udah aku deskripsiin di atas, masih banyak lagi loh tempat-tempat yang wajib di kunjungi saat berkunjung ke Melbourne. Tempat-tempat tersebut antara lain Melbourne City Circle Tram, Flinders Street Station, Healesvile Sanctuary, Peninsula Hot Springs, Eureka Skydeck 88 dan masih banyak lainnya.

Ternyata lengkap juga ya, objek wisata di Melbourne. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, dan wisata modern.


Hal menarik selain tempat wisata yang layak dicoba adalah kuliner! Pernah dong nonton Masterchef Australia? Di beberapa episode sering ada tantangan untuk memasak makanan khas Australia. Kalo makanan khas Melbourne apa ya?

Ternyata, salah satu makanan khas Australia dan juga ada di Melbourne adalah BBQ! 
Gak heran kalo di beberapa tempat wisata juga menyediakan fasilitas BBQ. BBQ sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Australia, sehingga di acara formal pun pasti ada acara BBQ nya. 

BBQ adalah tradisi masyarakat Australia
sumber gambar disini

Makanan khas lainnya yang bisa kita temui di Melbourne adalah Pavlova. Pavlova merupakan kue Maringue yang dilapisi whipped cream. Pavlova memiliki tekstur yang kering di luar namun lembut di dalam, berbeda dengan kue maringue pada umumnya. Sebagai topping sekaligus untuk mempercantik Pavlova, biasanya ditambahkan potongan buah-buahan segar. 

Sungguh segar dan lezat ya, Pavlova ini
sumber gambar disini

Makanan khas lain yang bisa kita nikmati adalah Vegemite, seperti selai yang biasanya disantap dengan roti saat sarapan. Warna nya kehitaman, terbuat dari ragi, mineral dan garam.

Kira-kira rasanya gimana ya dimakan bareng roti?
sumber gambar disni

Beberapa makanan khas lain yang patut dicoba antara lain Lamington, Damper, serta Meat Pie.

Untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita ke Melbourne, bukan hal yang sulit. Terlebih lagi sekarang sudah ada jasa travel yang menyediakan paket tour untuk wisata ke Australia.  Jasa Travel tersebut dapat ditemukan di H.I.S. H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata. Selain lewat webnya, kita juga bisa cari tau tentang H.I.S lewat facebook nya di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Kebetulan, H.I.S sedang mengadakan kompetisi blog yang hadiahnya ga tanggung-tanggung yaitu Paket liburan musim panas ke Australia buat dua orang pemenang beruntung! 

Kalo aku terpilih sebagai pemenang, aku bakalan share pengalaman real ku liburan musim panas di Melbourne *bukan cuma pengalaman surfing di Internet buat ngerjain tugas regenerasi kota*.

Ngomong-ngomong, tugas regenerasi kotaku tentang Melboourne dapet nilai yang cukup memuaskan. Jadi trigger yang kuat buat bisa ngunjungin Melbourne beneran!

Doakan aku beruntung ya! Oiya jangan lupa bantu klik banner di atas juga #HISAustraliaTrip.


Salam, 
Resti -semoga mimpi ke Melbourne terwujud-

6 comments:

  1. Syakeeppp semoga someday bisa ke LN hehehe
    gudluck y mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh maakk hehehe masih amateur ni urusan nulis menulis blog hehehe. Aamiin doanya mak. Duh melbs udh keimpi2

      Delete
  2. AAAh aku juga mauu ke Ostrali :D. Penasaran dengan alamnya dan orangnya yang katanya ramah-ramah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak,benar. alam australia keren-2 ya. iya aku pas ntn masterchef australia juga sempet kaget sm orang2nya yg dari cara komunikasi personalnya yang sopan, ramah dan saling support.

      Delete
  3. Bagaimana cara mengurus visa ke sana ya?
    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
  4. banyak yang ikutan ini waktu saya BW, semoga menang kak :)

    ReplyDelete